Minggu, 14 September 2008

Sulit Mengenal Huruf dan Angka

Mbak Yani, yth…..
Aku merasa cemas dengan putraku yang tidak bisa mengenal angka dan huruf. Baru 3 mingguan sekolah tidak nyambung sama sekali. Usia padahal udah 7 tahun. Usaha untuk putra aku dengan cara bagaimana? Trims atas bantuannya.
Sri – Pati 0815772xxxx

JAWAB :
Pada saat ini metode pengajaran membaca dasar memiliki kecenderungan untuk memperkenalkan bunyi huruf atau membaca lebih awal yaitu di TK. Isi bacaan umumnya disesuaikan dengan kondisi dari suatu etnik atau daerah tempat tinggal anak. Metode membaca dasar umumnya menggunakan pendekatan eklektik yang menggabungkan berbagai prosedur untuk mengajarkan kesiapan, perbendaharaan kata, mengenal kata, pemahaman dan kesenangan membaca.
Tahapan membaca permulaan umumnya dimulai sejak anak masuk kelas satu SD, yaitu pada saat berusia sekitar enam tahun. Meskipun demikian ada anak belajar lebih awal dan ada yang baru belajar membaca pada usia tujuh atau delapan tahun. Selain itu menurut Kirk, Kliebhan, dan Lerner kesiapan membaca dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain : kematangan mental, kemampuan visual, kemampuan mendengar, perkembangan wicara dan bahasa, ketrampilan berpikir dan memperhatikan, perkembangan motorik, kematangan social dan emosional serta motivasi dan minat. Sehingga kalau sampai saat ini putra ibu mengalami hambatan dalam belajar membaca, maka ibu perlu memperhatikan hal mana yang membuat anak merasa kesulitan.
Dengan mengetahui bahwa banyak factor mendasar yang dapat menyebabkan anak susah untuk belajar membaca, andapun harus jeli melihat kesiapan anak dan apa yang paling disukainya. Melalui suatu hal yang disenangi anak , maka akan lebih mudah mengajarkanya membaca. Saran saya adalah ibu membiasakan anak menyenangi membaca. Ajarkan mengeja setiap kata yang menarik dihadapan anak, sehingga dengan banyak latihan akan membuat anak mengurangi kesulitannya disekolah. Namun ada baiknya andapun menanyakan kesulitan anak disekolah dengan wali kelasnya, dengan begitu andapun dapat belajar bagaimana mengajarkan cara membaca yang baik pada anak.
Dengan ulasan diatas pada dasarnya belajar membaca adalah mengenal terlebih dahulu bunyi huruf dalam membaca, kemudian anda dapat mulai mengajarnya mengeja. Sebenarnya tidak terlalu rumit kalau telah menjadi kebiasaan, jadi anda tidak perlu cemas kalau putra anda belum dapat mengenal huruf dan angka. Hanya dengan latihan yang intens , membuat anak menyenangi menganal huruf dan angka. Semoga anda berhasil melaluinya.

Tidak ada komentar: