Sabtu, 13 September 2008

Mempertahankan Pernikahan

Mbak Yani, saya telah menikah selama 5 tahun. Sebagai lelaki saya sudah cukup mengalah dengan kelakuan istri saya yang sudah mulai aneh-aneh. Awalnya memang kami dijodohkan oleh teman, akhirnyapun saya mulai tertarik karena parasnya yang cantik..Istri sangat penurut mau bersikap sebagai istri yg ideal, memasak mencuci, intinya meladeni suami sepenuhnya. Tentu saja saya sangat senang, tapi setelah beberapa lama ia mulai berubah. Terkadang malas memasak, membersihkan rumah seenaknya sampai-sampai sering pergi tanpa pamit.
Tentu saja saya sangat heran, kenapa reaksinya begitu. Saya tak menduga ia akan berubah secepat itu. Mbak apa yang harus saya perbuat karena ia sekarang ini sudah mulai sering pulang kalau kami ribut. Perlakuannya yang sering “minggat”itu yang membuat saya kesal. Mbak bagaimana saya harus bersikap dengan perubahan istri seperti itu ? terima kasih bantuannya.
Suami-somewhere
JAWAB:
Membangun sebuah rumah tangga, tentu saja tidak hanya dimulai dengan awal yang menyenangkan saja. Seperti halnya hidup akan mengalami pasang surut dan munculnya permasalahan baru Maka dari itu sebagai pasangan kita harus saling belajar dan mau berbagi senang maupun susah bersama. Sehingga kesan bahwa istri anda berubah secara tiba-tiba itu tidak akan mungkin terjadi. Karena setiapperubahan pasti ada sebab akibatnya. Perkembangan dari hari kehari akan membuat setiap suami istri mengenal pasanganya.
Kalau awalnya ia sangat pengertian, dan akhirnya berubah pasti ada yang membuatnya kecewa. Kesan yang saya tanggkap bahwa anda hanya mengenal istri anda secara lahiriah saja namun tidak bersamaan dengan isi hatinya. Dari setiap pertengkaran yang kerap terjadi pasti anda akan tahu apa yang paling istri anda tidak sukai dan apa yang paling ia sukai. Mungkinkah karena anda tidak tahu maunya atau karena anda tidak mau tahu permasalahan istri anda sehingga anda menggangap secara cepat berubah.
Teruslah berusaha untuk mempertahankan rumah tangga anda, walaupun saat ini anda sudah banyak berubah, bersabar dan mau sedikit mengalah. Kekerasan tidak akan menyelesaikan permasalahan anda. Istri terkadang hanyaingin anda mau mengerti keinginannya, kalau suatu saat nanti anda tidak dapat memenuhi kebutuhan istri maka berilah ia pengertian dengan kasih sayang, niscaya hatinya akan luluh. Perlahan akan ada proses beradaptasi antara anda berdua, lupakan masa lalu anda saling dijodohkan atau mungkin anda tidak saling cinta. Mulailah dengan sesuatu yang lebih menggairahkan dalam rumah tangga anda, karena masa lalu sudah terlewatkan dan tidak dapat anda putar kembali.
Begitu indahnya manusia berumah tangga, apalagi bila telah dititikan anak sebagai manusia kecil yang perlu kita bimbing dan beri kasih sayang. Yakinlah dengan pengertian dan kasih sayang semua akan kembali membaik. Jemputlah istri bila ia pulang dan dudukkanlah ia sebagai pujaan hati yang selama ini anda cari, sehingga istri bukan saja harus meladeni suami namun ia juga butuh pengertian anda. Semoga ulasan ini dapat menggugah hati anda sebagai suami. Salam

Tidak ada komentar: