Kamis, 11 September 2008

Lima Tahun Pertama Perkembangan Anak

Saya wanita berusia 24 tahun, sekarang ini saya sedang mengandung anak pertama. Dan perkiraannya 3 bulan lagi akan melahirkan. Dari beberapa majalah yang saya baca, awal kehidupan adalah penting bagi kehidupan anak. Saya sendiri berusaha memberikan gizi yang cukup, dengan memakan makanan bergizi saat mengandung. Selain itu dukungan suami juga sangat membantu saya menjalani kehamilan yang pertama ini.
Yang ingin saya tanyakan setelah melahirkan nanti apa yang harus saya perbuat. Karena saya pernah mendengar bahwa lima tahun pertama adalah kehidupan penting dalan perkembangan anak dewasa nanti. Kenapa demikian ? dan apa yang seharusnya saya lakukan ? Terima kasih atas jawabannya.

Sulis-Sragen

JAWAB :
Selamat atas kehamilan pertamanya, memang benar memberikan yang terbaik bagi kehidupan sang buah hati adalah tabungan yang paling berharga bagi hidup anak anda kelak. Banyak orang mendengung-dengungkan lima tahun pertama dalam kehidupan adalah faktor yang penting dalam menentukan perkembangan anak. Namun tidak banyak yang tahu apa yang harus mereka lakukan dalam membentuk anak menjadi pribadi yang sesungguhnya.
Menurut pandangan Psikoanalitik Freudian, ada beberapa tahapan dalam lima tahun pertama kehidupan sebagai pembentukkan manusia yaitu; tahun pertama kehidupan (fase oral). Dalam fase oral , mulut dan bibir merupakan zone-zone erogen yang peka, bayi mengalami kenikmatan erotik dari tindakan menghisap. Kepuasan makanan dan cinta dari seorang ibu dapat memberikan kepuasan pada anak. Masalah kepribadian kemudian akan muncul bersumber dari ketidakpuasan fase oral, misalkan anak menjadi kurang dapat memelihara hubungan baik dengan orang lain, cepat menarik diri, rendah diri, ketakutan untuk memcintai dan mempercayai. Intinya fase ini adalah memperoleh rasa percaya, percaya kepada orang lain, kepada dunia dan kepada diri sendiri. Cinta adalah perlindungan terbaik terhadap ketakutan dan ketidaknyamanan. Usia satu sampai tiga tahun (fase anal), tugas-tugas yang harus diselesaikan pada masa ini adalah belajar mandiri, memiliki kekuatan pribadi dan otonomi, serta belajar bagaimana mengakui dan menangani perasaan-perasaan yang negative. Fase ini tepat untuk mengajarkan anak tentang toilet training, kedisiplinan, dan saat ini pula sikap kepribadian anak berakar dari cara para orang tua memperlakukan anaknya. Dan yang terakhir usia tiga sampai lima tahun ( fase Falik ), pada fase ini ketika anak mulai sanggup untuk berjalan, berbicara , berpikir, dan mengendalikan otot-otot yang berkembang dengan pesat. Selam tahapan ini anak perlu belajar menerima-perasaan yang alamiah, seperti memandang tubuh sendiri secara sehat, memahami benar atau salah, memahami maskulin atau feminine.
Mudah-mudahan tahapan-tahapan diatas dapat memberikan gambaran kepada ibu Sulis apa yang harus diperbuat saat nanti sikecil sudah mulai lahir kedunia. Dan semoga lancer dalam kelahiran.

Tidak ada komentar: