Kamis, 11 September 2008

Kurang Nyaman dengan Lingkungan Kantor

Mbak Yani, usia saya saat ini 25 tahun. Saya karyawan suatu perusahaan swasta, dan pekerjaan saya sekarang sangat saya sukai walau banyak tantangan. Setelah lulus kuliah saya sangat bersyukur langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Walaupun banyak dari teman saya merasa pekerjaan saya saat ini sebenarnya hanya sebagai batu loncatan untuk pekerjaan berikutnya. Tapi saya merasa cukup senang melakukan pekerjaan saat ini walaupun tidak sesuai dengan jurusan pendidikan yang saya tempuh.
Kecocokan saya dengan pekerjaan bukan berarti saya cocok dengan lingkungan sekitar saya. Banyak teman saya merasa tersaingi dengan keberadaan saya, selain itu juga mereka banyak melakukan keusilan dengan keberadaan saya. Rasanya sebenarnya saya ingin pindah saja dari tempat kerja saya saat ini, karena keberadaan mereka yang suka usil. Ada saja sindiran-sindiran yang mereka lakukan kepada saya, mulai dari cara saya bekerja, perilaku saya terhadap konsumen hingga apa yang menjadi makanan saya ketika istirahat. Awalnya saja bersikap cuek saja karena pada prinsipnya saya tidak merasa butuh dengan mereka, tapi lama kelamaan saya merasa terganggu. Mbak apa yang harus saya lakukan pada kondisi seperti ini, haruskah saya pindah pekerjaan karena mereka? Saya cocok dengan pekerjaan tapi saya tidak cocok dengan lingkungannya. Terima kasih atas jawabanya.

Martin-Mataram
JAWAB:
Manusia itu unik, dalam arti bahwa berusaha untuk menemukan tujuan hidup dan menciptakan nilai-nilai ynag akan memberikan makna bagi kehidupan. Menjadi manusia juga berarti menghadapi kesendirian: manusia lahir sendiri dan mati sendirian pula. Sungguhpun pada hakikatnya sendirian manusia memiliki kebutuhan untuk berhubungan dengan sesamanya dalam suatu cara yang bermakna, sebab manusia adalah mahluk rasional. Kegagalan dalam menciptakan hubungan yang bermakna bisa menimbulkan kondisi-kondisi isolasi, keterasingan, bahkan kesepian. Selain itu manusia juga diharapkan dapat mengaktualisasikan dirinya dengan mengungkapkan potensi dirinya. Kalimat diatas menyatakan bahwa sebenarnya sebagai mahluk social kesuksesan kita dalam bekerja bukan saya diperoleh karena target pekerjaan sudah selesai dengan baik, namun bagaimana membina hubungan yang baik dengan teman yang satu pekerjaan dengan anda Mungkin saat ini pengaruh teman tidaklah sangat berarti bagi karier anda, namun beberapa tahun kedepan bila anda naik jabatan maka merekalah yang akan mendukung posisi anda. Kenapa saya katakan demikian, sebab perkembangan pekerjaan akan menuntut anda naik dalam tingkatan pekerjaan yang lebih tinggi. Walaupun anda sangat mencintai pekerjaan anda saat ini dan sangat tekun menyelesaikannya, suatu saat nanti anda butuh keyakinan untuk dapat memperoleh imbalan yang setimpal. Misalkan selain pendapatan financial anda butuh memperoleh kepercayaan jabatan yang lebih baik. Sehingga anda hanya butuh sedikit kesabaran dan kedewasaan dalam menanggapi perilaku-perilaku yang kurang sesuai dihati anda, hindari bersikap ekstrim dalam menanggapi mereka. Sebab sikap anda yang berlebihan justru akan membuat mereka merasa berhasil mengalahkan anda Buktikan kepada mereka selain anda berhasil dalam bekerja, andapun tidak memiliki maksud buruk terhadap rekan sekerja walapun mereka beranggapan negative kepada anda. Sikap anda yang “Cool” justru akan menundukkan sikap mereka yang usil. Sehingga bila anda sangat senang dengan pekerjaan anda saat jangan ragu untuk terus bekerja dengan baik, dengan berusaha bersikap dewasa dalam menghadapi keusilan mereka. Semoga anda berhasil.

Tidak ada komentar: