Kamis, 11 September 2008

Mengingkari Perasaan

Mbak aku mau konsultasi. Aku suka ama cewek, tapi cewek itu anggap aku sebagai kakak. Tapi cewek itu dekatin aku terus. Teman-teman taunya aku pacaran ama dia. Aku harus bagaimana ? apa harus lupain dia ?
024 7040xxxx

JAWAB
Buat adik yang sedang bimbang, salah satu karakteristik yang khas pada manusia adalah perjuangannya untuk merasakan arti dan maksud hidup. Manusia pada dasarnya selalu dalam pencarian makna dan identitas pribadi. Dan sebenarnya saya sangat percaya anda mampu menemukan nilai-nilai baru dalam hidup anda. Mungkin saat ini anda merasa seperti halaman lain dalam sebuah buku yang dengan cepat dilewati dan tidak ada orang yang tergerak untuk membaca halaman tersebut. Begitu anda merasa tidak diterima secara terbuka, anda lekas-lekas ingin mengingkari perasaaan anda terhadap sang cewek. Ada baiknya anda berusaha melupakan hal buruk yang dialami namun demikian semua itu butuh proses dan tahapan-tahapan dalam penyelesaiannya. Kalau saat ini si cewek hanya menganggap anda sebagai kakak, maka anggaplah dia sebagai adik dan tidak lebih dari itu. Coba kendalikan perasaan anda untuk memperoleh bagaimana sikap yang pantas bagi seorang adik dan kakak. Dan saya sangat memahami pelarian anda untuk melupakan si cewek karena anda sangat cemas menghadapi kehidupan ini terutama dengan penilaian teman-teman anda. Namun perlu anda ketahui sebenarnya kecemasan adalah produk samping dari perubahan. Bentuk kecemasan yang kontruktif adalah fungsi dari penerimaan kita atas kesendirian, dan meskipun pada saatnya nanti anda menemukan teman pada dasarnya anda tetap sendiri Orang-orang yang memiliki keberanian untuk menghadapi dirinya sendiri dalam perasaaan takut, adalah orang yang memiliki keuntungan dari kecemasannya sendiri. Sedangkan orang yang terlalu cepat melarikan diri ke dalam pola-pola yang menyenangkan bisa mengalami kelegaan sementara, tetapi dalam jangka panjang dia bisa mengalami frustrasi karena terpaku cara-cara lama. Dengan demikian anda tidak perlu menutupi keadaan yang sebenarnya, karena itulah kenyataannya. Kecemasan itu hanya ada pada diri anda sendiri, karena anda merasa gagal. Namun kegagalan itu bukan karena anda tidak mampu menaklukkan hati sang cewek melainkan karena waktu dan kesempatan yang belum tepat. Semoga anda memperoleh pilihan terbaik.

Tidak ada komentar: