Minggu, 24 Agustus 2008

Susah Tidur

Pagi Mbak Ni Ketut, Saya Akhir-akhir ini mengalami susah tidur, padahal juga gak ada masalah berat, mohon bantuan dan sarannya. Makasih.
Dany - 0247034xxxx

JAWAB :
Buat Dany, susah tidur atau gangguan tidur sering hanya dikenal sebagai insomnia alias sulit tidur atau sulit untuk tetap tertidur. Sebenarnya tidur terjadi karena adanya hypnotoxin yang menghambat kegiatan otak, berkurangnya aliran darah keotak atau pengaruh lingkungan. Penemuan tidur pertama kali diungkap oleh Eugene Aserinsky dan Nathaniel Kleitman pada tahun 1953 disebut dengan REM ( Rapid Eye Movement). Tidur sebenarnya memiliki irama yang amat teratur, karena orang cenderung akan tidur dan bangun pada waktu yang sama. Namun irama itu terkadang terganggu oleh banyak faktor. Dari segi jumlah, kekurangan dan kelebihan jam tidur sama tidak baiknya. Dan tidur normal itu kurang lebih 8 jam sehari.
Insomnia menjadi jenis terumum yang terjadi pada semua usia dan bisa bersifat sementara, jangka pendek, bahkan menahun. Pada insonmia sementara, kesulitan tidur terjadi selama beberapa hari sampai kurang dari empat minggu. Penyebabnya biasanya stres ringan. Misalnya menghadapi ujian, ketika seseorang harus mengambil keputusan yang mendesak atau sebab lain. Insomnia jangka pendek terjadi bila gangguan berlangsung 4 minggu sampai 6 bulan karena stres berkepanjangan. Insomnia jangka pendek bisa teratasi jika masalah yang dihadapi sudah selesai. Sedangkan yang perlu diwaspadai adalah insomnia menahun, tidur buruk tiap malam selama lebih dari enam bulan.
Untuk mengetahui penderita gangguan tidur adalah dengan memperoleh Riwayat Tidurnya. Lewat wawancara medis biasanya gangguan tidur itu diketahui penyebabnya. Riwayat tidur diperoleh dengan memperhatikan BEARS, Yakni B (bed time) waktu tidur. E (excessive day time sleepiness ) beratnya kantuk pada siang hari, A (awakenings) untuk melihat ciri-ciri saat terbangun dari tidur malam atau pagi hari, R (regularity and duration of sleep ) waktu tidur dan yang terakhir S (snoring) mengetahui adanya kelainanan. Sehingga bila Dany merasa gangguan tidur itu sangat mengganggu aktifitas anda berikutnya, cobalah untuk memeriksakan diri. Namun bila ternyata gangguan itu hanya sesaat maka cobalah untuk mengatasinya dengan mencari penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebabnya walaupun dari masalah yang paling sederhana juga dapat mengatasi sulit tidur. Selain itu cobalah untuk memperbaiki gaya hidup, misalkan mengurangi minuman berkafein, olah raga, atau beraktivitas kecil sebelum tidur. Lakukan rutinitas kehidupan dengan cara rileks dan anda perlu tahu kebutuhan dari diri anda sendiri. Semoga penjelasan ini membuat anda mudah untuk menikmati tidur yang nikmat.

Tidak ada komentar: