Selasa, 26 Agustus 2008

Rujuk Demi Anak

Yth Mbak Yani, saya seorang laki-laki berumur 36 tahun, sempat berumah tangga punya putri kelas 3 SMP. Saya cerai 2 tahun. Niatku mau minta surat atau akte cerai tapi putriku membujuk terima mantan istriku untuk rujuk. Tetapi mantan istriku entah / tidak mau dia bilang sudah nggak butuh saya. Gimana cara merayu dia ya mbak? Terima kasih.

Slamet – Banjarnegara
08529119xxxx

Jawab :

Dalam pernikahan memang selalu berjalan dengan kekhilafan dan kesalahan tiap insan berpotensial untuk berbuat kekhilafan, tetapi kekhilafan baru menjadi kesalahan ( mistake ) ketika kita tidak bersedia mengakuinya dan bertekad lebih baik maka apapun persoalan dalam rumah tangga anda cobalah untuk mencari solusinya dan berusaha untuk memaafkan.

Kebahagiaan seorang anak salah satunya adalah melihat kebahagiaan orang tuanya perselisihan yang anda alami bersama pasangan anda tentu saja membawa dampak buruk bila tidak ada penyelesaian yang bijak. Kindness ( membangun kebajikan ) berarti anda memberikan kebaikan hati kepada pihak lain. Berikan itu dengan ketulusan tanpa tendensi pamrih tanpa berharap balasan. Kalau saat ini hanya putri anda yang berharap untuk kembali bersama kedua orang tuanya apakah anda berpikir hal yang sama? Atau anda memang sudah yakin untuk bercerai karena sudah tidak cocok satu sama lain.

Tentunya perjuangan untuk keutuhan rumah tangga anda ataupun memperoleh keputusan yang terbaik buat rumah tangga anda bukan semata-mata ada di tangan putri kecil. Seorang anak hanya ingin tubuh dalam perdamaian kedua orang tuanya sehingga saran saya, buatlah “perdamaian” dengan istri anda, apapun bentuknya keputusan yang anda berdua ambil adalah demi kebahagiaan anda bersama. Cobalah melihat pasangan hidup anda dari sudut pandang yang seharusnya misalkan kalau memang anda ingin rujuk kembali maka keluarlah dari lubuk hati anda sendiri bukan dari si kecil. Utarakanlah maksud baik anda kepada istri bahkan putri anda. Kalau keinginan rujuk hanya dari putri anda, sedangkan anda sendiri hanya menginginkan surat cerai maka perjalanan rumah tangga anda tidak akan menemukan titik terang. Buatlah kesepakatan dari semua anggota keluarga. Saya yakin ungkapan ungkapan emosi yang pernah terucap akan terpendam dan akan memperoleh keputusan terbaik.

Tidak ada komentar: