Jumat, 10 Oktober 2008

Memotivasi Diri

Assalamualaikum, aku cowok usia 30 tahun. Bagaimana cara memotivasi diri supaya tidak cepat putus asa dan cemas. Makasih Mbak.

08564123xxxx
Tri Maryanto, Rogojembangan Timur V

JAWAB:
Manusia bukanlah benda mati yang hanya bergerak bila ada daya dari luar yang mendorongnya, melainkan mahluk yang mempunyai daya-daya dalam dirinya sendiri untuk bergerak, inilah yang dikatakan motivasi. Oleh karena itu motivasi sering juga dikatakan penggerak perilaku( the energizer of behavior).
Oleh karena itu dalam membentuk sebuah motif tingkah laku ada beberapa factor utama yaitu pengaturan (regulasi), pengarahan (direksi), serta tujuan dari sebuah perilaku. Secara mudahnya untuk melakukan sesuatu sebaiknya anda memiliki konsep yang jelas, punya cita-cita dan harapan serta punya tujuan akhir yang jelas. Konsep-konsep ini akan mendorong anda untuk berbuat sesuatu yang paling mengesankan dalam kehidupan anda, sehingga anda tidak akan merasa cepat lelah, putus asa, bahkan enggan melakukan hal tersebut. Motif-motif yang menguntungkan akan membuat anda giat untuk melakukan pekerjaan tersebut. Selain itu penguasaan materi dan konsep yang dipejari tidak akan membuat anda merasa cemas. Semoga anda berhasil.

1 komentar:

aries delcano mengatakan...

bgus, kembangkan lagi!!!