Kamis, 10 Juli 2008

Masalah yang bikin anak sulit kembali ke sekolah

Anak saya yang nomer tiga umur tujuh tahun (cewek) kelas satu SD. Sejak awal puasa kemaren tidak mau masuk sekolah. Sudah berbagai cara saya membujuknya, tetapi tidak mau. Saya tanyakan disekolah, tidak ada masalah sebelumnya. Tolong mbak saya, bagaimana saya harus bertindak ?
Ibu Eti-0859036xxxx

JAWAB :
Setiap orang tua selalu ingin anaknya baik-baik saja disekolah, untuk mewujudkan potensinya , untuk menikmati kehadiran dan menyukai murid-murid lain dan para guru. Akan tetapi masalah kecil akan terjadi bila suatu waktu anak sulit untuk menyelesaikannya, akibatnya akan membuat mereka bersedih dan menggangu kemajuan potensialnya. Dengan usaha gabungan dari setiap orang yang terlibat didalamnya , maka tantangan kecil yang dihadapi anak akan dilewati dengan baik.
Terdapat banyak alasan mengapa anak tidak mau bersekolah, antara lain : Kesulitan yang berkaitan dengan kelas, perubahan dalan kegiatan rutin, suara teman yang berisik dan nada bicara guru juga dapat membuat anak menjadi gelisah. Yang kedua adalah kesulitan yang berkaitan dengan persahabatan, perdebatan kecil dengan teman dapat saja membuat anak merasa ditingggalkan. Yang ketiga kesulitan yang berkaitan dengan pelajaran, mengimbangi tuntutan pendidikan dari sekolah menyebabkan anak merasa terbebani. Dan yang terakhir terkadang adalah aktivitas yang berkaitan dengan rumah, terkadang anak disekolah masih tetap berpikir tentang keadaan dirumah, misalkan ia membayangkan ibunya yang memberikan kasih sayang kepada adik baru, atau bahkan pertengkaran orang tua dirumah. Tentunya masalah - masalah itu akan sulit terungkap kalau anak sangat tertutup untuk masalahnya dan sebagai orang tua andapun kurang yakin dapat mengungkapnya.
Apa yang telah anda lakukan sudah cukup baik dengan menghubungi pihak sekolah, namun mungkin bukan hanya sampai disana saja. Cobalah untuk bersikap optimis bahwa bahwa permasalahn anak anda akan mudah untuk diselesaikan. Carilah pendekatan yang cerdas dan gembira untuk anak sehingga dapat membantunya secara mental. Coba tentramkan hati anak anda, dengan mengatakan bahwa setiap permasalahan yang kita hadapi didunia ini pasti ada jalan keluarnya dan akan terselesaikan dengan baik. Sehingga anakpun akan mengerti bahwa ia harus hadir disekolah, apapun permasalahannya dan betapa sulit permasalahan yang harus dihadapi. Terkadang andapun dapat berbicara dengan orang tua lain, kemungkinan besar anak anda bukan murid pertama yang harus menghadapi permasalahan ini. Mungkin anda dapat mendengarkan saran dari orang tua yang pernah mengalami hal serupa.
Mudah-mudahan andapun dapat mengatasi masalah ini denganbaik, sebab kemajuan anak dalam belajar dan berkonsentrasi disekolah sangat tergantung dari kemampuannya dalam menyelesaikan masalah-demi masalah yang timbul dalam lingkungan sekolah. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar: