Kamis, 10 Juli 2008

Kematangan membuat seseorang dapat mengatur hatinya

Saya Rini (26 tahun) menikah 3 tahun lalu, sering diwarnai cekcok dikarenakan saya sering complain saat memergoki suami ditelp wanita. Terutama setelah dia pulang dari Satgas diluar pulau. Dia banyak perubahan sementara suami gak nyaman atas tindakan cemburu saya. Saya harus bagaimana ? Batin sering tersiksa dan hidup gak tenang karena rasa cemburu.

JAWAB :

Ini adalah lampu merah bagi para istri yang merasa suaminya berubah setelah mengalami perpisahan beberapa saat. Sikap yang manusiawi bila ternyata anda merasa cemburu dengan suami anda karena telpon yang kurang beralasan. “ Lampu merah “ berarti anda harus berhenti dan berhati-hati menyikapi kekurangan dalam rumah tangga anda. Kekurangan bukan saja karena kemauan suami untuk berselingkuh namun juga keadaan dan kenyamanan yang anda ciptakan dalam rumah tangga anda sendiri.
Terkadang banyak manusia ingin mengoreksi orang lain tapi ia sangat sulit untuk mengoreksi dirinya sendiri. Saya berharap andapun tetap mau mengoreksi keadaan anda walaupun saat ini yang anda anggap bermasalah atau yang menimbulkan masalah adalah suami anda.
Dalam sebuah terapi Realitas oleh Glasser, manusia diharapkan untuk dapat mengembangkan kemampuan untuk belajar dan mengajarkan tanggung jawab. Gunanya adalah untuk mencapai sebuah kematangan. Kematangan menyiratkan bahwa seseorang mampu bertanggung jawab atas siapa mereka dan ingin menjadi apa mereka dan realitas apa guna mencapai tujuan-tujuan mereka. Terapi ini pula membantu seseorang untuk memperjelas tujuan-tujuan hidup mereka saat ini dengan menekankan pertimbangan-pertimbangan nilai
Dalam hal tentunya keterbukaan dan komunikasi sangatlah penting anda membina dalam rumah tangga anda. Cobalah untuk melakukan diskusi tentang apa yang anda rasakan dan apa yang suami anda alami. Terimalah apa yang menjadi penjelasan suami walaupun awalnya anda belum menyetujuinya. Melakukukan perlawanan bukan selalu akan membuat atau membenarkan sikap anda justru terkadang akan mengalami penolakan konsep berpikir. Kematangan anda menentukan respon yang akan diberikan oleh suami anda, kemampuan anda untuk bertanggung jawab dan memiliki tujuan hidup yang dari awal sudah anda utarakan dalam diskusi anda dan suami tentunya akan menjadi bahan pertimbangan suami anda bila nantinya memang dia berselingkuh.
Namun harapan saya anda mau mempercayai suami anda dan keyakinan bahwa sikapnya yang berubah bukan karena ia memiliki pilihan wanita lain diluar rumah, melaikan karena suami perlu kembali beradaptasi dan mengatur hatinya dengan keadaan dirumah. Dan yakinlah proses kematangan yang anda pelajari juga dapat membantu anda untuk menjadi wanita dewasa yang mandiri dan mampu mengatasi masalah lain saat suami anda berada diluar kota karena kewajibannya dalam bekerja.

Tidak ada komentar: