Selasa, 08 Juli 2008

Ingin Lulus Kuliah

Saya wanita usia 25 tahun, saya mau konsultasi masalah belum lulus kuliah psikologi, aku bingung harus bagaimana? Psikologi sangat sulit, SKS ku sangat kecil padahal aku sudah berusaha.

Jawab :

Dari aspek psikologi, ada pola perkembangan yang bersifat umum dan ada yang bersifat individual. Pola perkembangan umum digunakan untuk dasar penyusunan kurikulum pada sebuah studi, sehingga secara umum dapat dipelajari. Sedangkan pola perkembangan individual sangat bergantung pada kesesuaian laju perkembangan kognisi dan “kekuatan” individu. Dari permasalahan yang anda ungkapkan, tentu saja harus dipahami secara keseluruhan. Bahwa seorang mahasiswa tidak lagi bisa belajar seperti waktu di SMU dulu. Tentu saja anda diharapkan mampu merubah pola belajar anda dan memanfaatkan segala kemampuan diri sehingga timbul kreativitas yang mendukung kemampuan anda.

Kalau saat ini anda merasa putus asa terhadap kesulitan akademi yang ada di depan anda, Tentu saja anda harus membuang jauh-jauh pikiran itu. Perjalanan kuliah anda sudah cukup lama dan melelahkan, sehingga berilah motivasi kepada diri anda sendiri untuk bangkit lebih kreatif mencari cara belajar yang tepat. Sering-seringlah berkomunikasi dengan teman atau dosen yang anda anggap bisa membantu anda. Jangan pernah malu untuk sebuah kemajuan. Coba untuk senang pada permasalahan atau studi yang anda anggap sulit. Memang terkesan terlalu memaksakan diri, namun setelah anda dapat melewati kesulitan itu maka anda akan dapat merasakan manfaatnya. Kesulitan itu ada, justru akan mengasah mental anda agar mampu menghadapi tantangan masa depan.

Proses kognitif berkenaan dengan proses belajar, berfikir dan mengetahui. Kemampuan kognitif merupakan kelompok keterampilan mental yang essensial pada fungsi-fungsi kemanusiaan. Melalui kemampuan kognisi tersebut memungkinkan manusia mengetahui, menyadari, mengerti, menggunakan abstraksi, membahas dan menjadi kreatif. Salah satu teori psikologi kognitif yang membahas kesulitan belajar dikenal dengan teori pemprosesan psikologis.

Dalam teori pemprosesan psikologis, anda dapat melakukan kombinasi terhadap cara belajar. Yaitu melatih proses belajar yang kurang dan yang kedua belajar melalui proses yang disukai ( bisa melalui kekuatan pendengaran, kekuatan penglihatan, ataupun gerak ). Yakinlah apa yang anda sukai akan memberi kekuatan pada diri anda untuk mau belajar dan terus belajar. Sehingga secara tidak langsung akan memberikan dampak hasil yang memuaskan. Semoga ulasan ini dapat membantu anda, salam.

Tidak ada komentar: